Minggu, 16 Desember 2012

Perkembangan Industri Di Kota Cilegon : Antara Keuntungan Dan Pencemaran Lingkungan

Kota Cilegon dikenal sebagai kota yang mempunyai banyak pabrik pabrik industri kimia. Disepanjang jalan Anyer-Cilegon banyak industri-industri kimia yang berdiri kokoh. Berkembangnya sektor industri ini menyebabkan rawannya  pencemaran lingkungan, baik itu pencemaran air, tanah, maupun udara. Pabrik Pabrik kimia disatu sisi memang menghasilkan keuntungan yang banyak antara lain membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) yang dapat meningkatkan kekuatan ekonomi Kota Cilegon.

Pencemaran lingkungan merupakan peristiwa penyebaran bahan kimia dengan kadar tertentu yang dapat merubah keadaan keseimbangan pada daur materi baik keadaan struktur maupun fungsinya, sehingga mengganggu kesejehteraan manusia. Salah satu pencemaran lingkungan yang sedang bergejolak pada massa sekarang ini adalan pencemaran udara. Pencemaran udara terjadi jika komposisi zat-zat yg ada diudara melampaui ambang batas yana ditentukan. Adanya bahan-bahan kimia yang melampaui batas dapat membahayakan kesehatan manusia, mengganggu kehidupan hewan dan tumbuhan dan terganggunya iklim (cuaca) dengan aktivitas manusia dan kemajuan tekhnologi terutama akibat proses pembakaran bahan bakar industri (Pohan 2002).
Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 74 Tahun 2001 tentang bahan berbahaya dan beracun serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 85 Tahun 1999 Tentang pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun, dijelaskan mengenai produk-produk yang dihasilkan oleh industri yang dikategorikan sebagai limbah berbahaya dan beracun beserta cara pengolahannya.

Tidak ada komentar: