Jumat, 19 Oktober 2012

Takokak

Taksonomi
         Urutan taksonomi dari takokak adalah sebagai berikut :
Kingdom         : Plantae
Subkingdom    : Tracheobionta
Super Divisi     : Spermatophyta
Divisi               : Magnoliophyta
Kelas               : Magnoliopsida
Sub Kelas        : Asteridae
Ordo                : Solanales
Famili               : Solanaceae
Genus              : Solanum
Spesies            : Solanum torvum Swartz    
      Nama lokal dari Solanum torvum Swartz adalah Terong pipit, Rimang, Terong belut, Poka, Coko wana, Terongan, Cepoka, Cong belut (Levang dan de Foresta 1991).

Morfologi
            Takokak merupakan perdu kecil dengan tinggi 1-3 m, batang dan daunnya berwarna hijau dan berduri. Pada batang tedapat bulu-bulu halus yang berwarna abu-abu, sedangkan dibawah daun terdapat bulu berwarna hijau abu-abu. Daunya tunggal, tata letaknya berseling, berbentuk bulat telur melebar, berujung runcing, tepi berlekuk menyirip, memiliki tangan yang berambut rapat dan panjangnya adalah 6-30 cm (Hikmat dan Zuhud 2010).

Habitat
            Takokak tumbuh liar di hutan, di tepi sungai dan terkadang dibudidayakan di halaman rumah. Tumbuhan ini tumbuh dengan baik diberbagai jenis tanah dengan ketinggian tempat 1-1.800 m dpl dan menyukai tempat-tempat yang sedikit ternaungi (Oemiyati et al. 2003).

Penyebaran
            Tumbuhan ini berasal dari Amerika kemudian tersebar luas ke wilayah Asia. Di Indonesia takokak tersebar hampir di seluruh wilayah yang meliputi Sumatera, Kalimantan, Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Halmahera, Ternate, dan Irian Jaya (Oemiyati et al. 2003).

Kandungan Kimia
            Kandungan kimia yang terdapat pada takokak dapat berupa kaloida, glikosa, saponin, dan triterpen/steroida (Muchtar 1987). Menurut Oemiyati et al. (2003), akar pada takokak itu mengandung jurubin. Pada daun dan bunga takokak terdapat saponin, flavonoid, neo-klorogenin, panikulugenin, dan alkaloid. Sedangkan kandungan kimia yang terdapat pada buah berupa saponin, flavanoid, solosonin, klorogenin, sisalagenon, tervogenin, protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1, dan C.

Khasiat
            Tumbuhan obat adalah tumbuhan yang bagian tanamannya mempunyai khasiat sebagai obat dan digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan obat modern ataupun obat tradisional (Suhirman 1990 dalam Fatmasari 2003). Buah takokak memiliki khasiat dalam mengatasi tekanan darah tinggi, kencing manis, jerawat, buku-buku jari, kaki nyeri (Mardisiswoyo dan Radjakmangunsudarso 1965). Selain itu menurut Oemiyati et al. (2003) buah takokak juga memiliki khasiat sebagai penambah nafsu makan dan mengatasi katimulmul, sedangkan daunnya berkhasiat untuk obat jantung mengipas, sakit kepala, dan jantung berdebar. Di Malaysia, takokak di gunakan untuk meredakan sakit gigi dan di india dapat digunakan sebagai penawar bisa ular dan gigitan serangga juga untuk meredakan sakit perut (Sutarno et al. 1994 dalam Budi 2002).

1 komentar:

Unknown mengatakan...

ka minta dafpus nya dong skalian..hehe

ane nyari ko pada nggk ada ya